Disdikbud. Prov. Kalbar Terus Berupaya Berantas Buta Aksara

Disdikbud. Prov. Kalbar Terus Berupaya Berantas Buta Aksara

Infosatunews.com-Masih cukup tingginya angka buta aksara di Provinsi Kalbar, mendapat perhatian serius Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalbar, Suprianus Herman, SH. Ia menegaskan untuk mengatasi hal tersebut  kedepannya, Pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalbar melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten/Kota akan terus mendorong  berdirinya PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) yang sekarang jumlahnya masih dinilainya kurang. Demikian disampaikan Suprianus dalam wawancaranya selepas acara pembukaan stan pameran dalam rangka peringatan Hari buta aksara Jumat 9/11/2018 di depan halaman Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalbar.

“Solusi untuk mengentaskan buta aksara, kita terus mendorong Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten/Kota melalui masyarakat Untuk mendirikan PKBM. selain itu bagi anak-anak yang sudah usia sekolah kita terus dorong agar jangan sampai mereka tidak bersekolah, atau putus sekolah itulah cara-cara kita untuk memberantas buta aksara,”Jelasnya.

Angka buta aksara di Provinsi Kalbar sampai saat ini masih mencapai angka 1,76% dari 4 juta penduduk usia belajar 15-59 tahun.

Di tempat yang sama Gubernur Kalbar Sutarmidji dalam wawancaranya juga berjanji akan memperbanyak program-program untuk memberantas buta aksara di wilayah Kalimantan Barat.

“Kita akan terus perbanyak program-program pemberantasan buta aksara.” Jelasnya.

Terkait masih rendahnya IPM Kalbar yang saat ini masih berada pada posisi peringkat 29, Gubernur menjelaskan upaya meningkatkan IPM tersebut, ada tiga hal yang akan pihaknya lakukan, yang pertama membuat program agar orang lama belajar seperti menyelenggarakan paket C bagi yang hanya tamat SMP, yang kedua dengan menekan seminimal mungkin angka putus sekolah, dan yang ketiga dengan memperbanyak program-program pemberantasan buta aksara.

“Program-program inilah yang nantinya akan membantu kita dalam pemberantasan buta aksara dan mengubah tampilan postur dunia pendidikan di Kalimantan Barat.”Jelasnya mengakhiri.(kun)

 

Suber : Kunrad Abraham
Penayang : jhon rico f
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan